Jumat, 01 April 2011

BELAJAR INTERNET GRATIS

Belajar gratis berbisnis di
Internet
Tahukah anda perbedaan antara
kedua kata-kata tsb?
Yang pertama “Bisnis Internet
gratis” artinya anda mau
berbisnis di Internet tetapi tidak
mau mengeluarkan duit sama
sekali untuk segala kebutuhan
yang diperlukan oleh bisnis
Internet anda.
Ini termasuk mengeluarkan duit
untuk belajar, mengeluarkan duit
untuk membeli/menyewa tools/
alat-alat seperti komputer,
jaringan Internet, domain,
hosting, autoresponder, dll
Yang kedua “Belajar gratis
berbisnis di Internet” artinya
anda mau berbisnis di Internet
tetapi tidak mau mengeluarkan
duit untuk belajar bagaimana
berbisnis di Internet dengan
benar.
Untuk yang pertama, menurut
anda apakah mungkin? Apakah
mungkin mau berbisnis di
Internet tetapi tidak mau
mengeluarkan duit sama sekali?
Jawabannya tentu adalah: “Tidak
mungkin”…
Tetapi masih banyak orang yang
mengira bahwa berbisnis di
Internet tanpa modal sama sekali
adalah hal yang memungkinkan.
Tahu dari mana saya?
Saya tahu dari 2 sumber:
1. Banyak orang yang
mengatakan di support desk
saya bahwa mereka mau
berbisnis di Internet gratis tanpa
biaya sama sekali.
2. Menurut Google Adwords
Keyword Tool, bulan lalu (Maret
2009) ada sekitar 170 orang
yang mengetik kata kunci “bisnis
Internet gratis” di Google
(artinya setiap hari ada 5.6
orang)
Kembali lagi ke pernyataan saya
tadi bahwa untuk berbisnis di
Internet TIDAK MUNGKIN bisa
gratis total.
Namanya juga BISNIS, berarti ada
risk and reward.
Risknya adalah anda berani
mengambil resiko untuk
mengeluarkan biaya-biaya yang
diperlukan untuk menjalankan
bisnis anda.
Rewardnya adalah ketika bisnis
anda sudah berjalan dengan
mantep, anda akan mendapatkan
profit yang bisa anda nikmati.
Anda mungkin bisa menentang
bahwa anda bisa menggunakan
domain gratis, hosting gratis,
autoresponder gratis, dll yang
serba gratis.
Namun bayangkan kalau anda
mau serius berbisnis di Internet
dengan harapan bisnis Internet
anda memberikan anda profit
yang besar secara konsisten,
masa iya anda mau menggunakan
semua layanan gratis?
Domain yang berakhir
dengan .co.cc, hosting dan
autoresponder yang berisi iklan
sponsor, dll.
Di luar semua itu, anda juga
membutuhkan komputer, koneksi
Internet, dan waktu untuk
menjalankan bisnis Internet anda,
Inilah mengapa saya mengatakan
menjalankan bisnis Internet tidak
mungkin 100% bisa gratis.
Untuk kata-kata nomor dua,
yaitu: “Belajar gratis berbisnis di
Internet” => nah ini masih lebih
masuk akal.
Anda bisa belajar secara gratis
berbisnis di Internet. Banyak koq
situs-situs yang menyediakan
kursus dan pelajaran gratis ttg
topik ini.
Lantas anda mungkin bertanya
“ Kalau gitu mengapa gue harus
bayar untuk membeli produk-
produk loe atau produk-produk
Internet marketer lainnya?”
Jawabannya adalah:
Memang betul banyak tempat
yang menyediakan pelajaran
berbisnis di Internet secara
gratis, namun kalau anda mau
MEMPERCEPAT (kebut)
pelajaran anda dan
MENGURANGI tingkat kegagalan
anda sehingga mengurangi stress
dan frustrasi, anda perlu
mengeuluarkan biaya untuk
belajar berbisnis di Internet.
Sebenarnya saya sendiri pun
memberikan pelajaran berbisnis
di Internet secara gratis lewat
blog ini dan juga lewat report
GRATIS saya “1 Juta Rupiah
Pertama Anda Lewat Internet“.
Kalau anda merasa mau
mendalami ilmu bisnis Internet
anda, anda bisa membeli produk-
produk saya yang saya sediakan.
Namun kan saya tidak memaksa
anda harus membeli produk saya.
Jujur saja, saya ada di sini untuk
berbisnis, bukan untuk main-
main.
Berkait dengan hal ini saya mau
ceritakan sesuatu kepada anda.
Saya banyak menerima komplain
di support desk saya yang
berbunyi seperti ini:
“Dasar bohong, katanya belajar
gratis, koq malah ujun-ujungnya
duit (UUD) juga ?”
“Saya pikir anda seorang
dermawan yang mau membagi
ilmu secara gratis, tapi ternyata
UUD juga ”
Kepada mereka saya menjawab
seperti ini:
“Anda betul, ujung-ujungnya
memang duit (UUD). Kami berada
di sini untuk berbisnis, bukan
untuk main-main. Kami juga
bukan dermawan.
Untuk membuat semua materi
dan menjalankan bisnis ini kami
pun perlu mengeluarkan biaya,
tenaga, dan waktu. Kalau anda
mau yang gratis, anda bisa
pelajari materi yang diberikan di
blog saya dan juga lewat report-
report saya yang gratis. ”
Malah ada yang lebih parah:
“Telpon saya di 08yy yyyyyyyy
dan jelaskan kepada saya
bagaimana berbisnis di Internet
secara detail. Saya tunggu ya,
cepat. ”
“KIRIMIN SEMUA MATERI ANDA VIA
POS KE RUMAH SAYA GRATIS
OK !” (yang ini menggunakan caps
lock dan tanda seru seperti
sebuah perintah ….)
Kalau anda menerima request
seperti di atas, apa yang akan
anda lakukan? Apakah anda
akan telpon atau/dan kirim via
pos kepada kedua orang tsb
untuk mengajarkan mereka
berbisnis di Internet?
Biasanya sih saya senyum-
senyum sendiri (sambil geleng-
geleng kepala)…
Sebagai ringkasan, inilah
yang telah kita pelajari hari
ini:
1. Bisnis Internet gratis tanpa
mengeluarkan uang sepeserpun?
=> Ini TIDAK MUNGKIN. Stop
dreaming!
2. Belajar berbisnis di Internet =>
Ini bisa gratis, tetapi kalau anda
mau mempercepat pelajaran
anda dan mengurani tingkat
kegagalan anda, sebaiknya anda
menginvestasikan duit untuk
belajar (seperti ketika anda
sekolah dulu juga harus bayar
uang sekolah).
3. Jangan hanya mau enaknya
saja dan request kepada orang
lain sesuatu yang tidak masuk
akal, karena request anda sudah
PASTI ditolak.
Oke apa maknanya dari semua
ini?
Makna yang saya mau sampaikan
kepada anda adalah:
Untuk sukses berbisnis di
Internet (atau sukses di bidang
apapun), anda HARUS
mempunyai mindset yang benar
terlebih dahulu. Tidak ada
pengecualian!

1 komentar: